Solusi SLAM Terbaik untuk Robot

Sebelum masuk ke solusi terbaik, hal pertama dan terpenting yang harus dilihat adalah definisi SLAM dan Idnpedia aplikasinya. Bentuk lengkap SLAM adalah lokalisasi dan pemetaan simultan. Ini adalah metode, bagian dari kecerdasan buatan robot, yang membantu mereka membuat peta dan bernavigasi. Ini karena, seperti manusia, bahkan robot pun membutuhkan peta untuk menemukan jalannya. Tetapi tidak seperti manusia, mereka tidak dapat menggunakan GPS karena tidak menunjukkan area yang akurat, yang dapat merepotkan robot karena mereka membutuhkan presisi.

Selain itu, GPS tidak bekerja dengan baik di dalam ruangan. Inilah sebabnya mengapa mereka membutuhkan lokalisasi dan metode pemetaan simultan untuk membantu mereka memetakan wilayah mereka dan lokasi saat mereka menyusuri jalan setapak. Hal ini dilakukan oleh robot ketika mereka menyelaraskan data yang mereka kumpulkan dengan data yang disimpan. Melalui itu, mereka memetakan area yang akan mereka tuju. Meski terdengar mudah, ada beberapa tahapan dalam proses pemetaan dan penyelarasan data yang disimpan dengan data yang baru dikumpulkan. Dan berbagai algoritma digunakan untuk mendapatkan jenis data yang paralel dengan GPU.

Beberapa aplikasi yang digunakan dalam metode SLAM untuk robot, seperti disebutkan di atas bahwa prosesnya mengandung beberapa tahapan. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah:

Penyelarasan data sensor – Dengan aplikasi ini, robot menangkap gambar 90 kali per detik untuk pengukuran gambar kedalaman dan 20 kali per detik untuk pengukuran rentang yang tepat. Di komputer, robot hanyalah sebuah titik. Jadi sensor di mesin terus mengumpulkan data di sekitarnya. Dengan data ini, mereka menggambar peta dan lokasi yang tepat dari keadaan mereka saat ini. Ini mencatat jarak antara lokasi mereka sebelumnya juga.
Estimasi gerak – Roda rotasi pada robot mengukur seberapa jauh jarak yang telah ditempuh sejauh ini. Unit pengukuran inersia juga mencatat kecepatan dan percepatan posisi mesin. Semua data ini disatukan dalam fusi sensor untuk mengetahui kinerja keseluruhan dan status gerakan robot.
Registrasi data sensor – Registrasi data sensor juga disebut pengukuran antara dua titik data. Ini juga bisa menjadi pengukuran antara pengukuran yang baru direkam dan peta yang sudah ada di dalamnya. Setelah data baru didaftarkan, ia dapat membuat peta area baru atau memindai peta yang telah didaftarkan sebelumnya di dalam robot.
GPU untuk perhitungan sepersekian detik – Peta yang digambar oleh robot dihitung 20-100 kali per detik. Dan untuk perhitungan ini, kekuatan pemrosesan harus tinggi. Dan untuk itu, GPU juga harus lebih kuat daripada CPU rata-rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.